Main Article Content

Abstract

Instalasi listrik merupakan suatu rangkaian dari peralatan listrik yang saling berhubungan antar satu dengan yang lain, dan berada dalam satu lingkup sistem ketenagalistrikan. Instalasi listrik yang lebih baik adalah instalasi yang aman bagi manusia dan akrab dengan lingkungan sekitarnya. Perencanaan sistem instalasi listrik pada suatu bangunan haruslah mengacu pada peraturan dan ketentuan yang berlaku sesuai dengan PUIL 2000 dan undang-undang ketenagalistrikan 2002. Ada beberapa hal yang perlu diperhitungkan dalam cara pemasangan instalasi listrik pada bangunan gedung seperti jarak antar titik listrik ketitik listrik lainnya, material/peralatan listrik yang dipakai, pembagian daya yang harus disesuaikan dengan kebutuhan ruangannya masing-masing. Bila semua itu dilakukan dengan cara yang tepat, maka hasilnyapun akan dirasakan langsung, yaitu kondisi aman dan nyaman selama menggunakan listrik. Pada penelitian ini menganalisis kapasitas Miniature Circuit Breaker (MCB) dan luas penampang pada suatu gedung. Hasil akhir dari penelitian ini adalah penghantar yang digunakan pada proyek apartemen Menara Jakarta telah memenuhi standar, walaupun ada yang tidak sesuai seperti pada grup stop kontak 2 pada setiap unitnya. Sedangkan untuk kapasitas pengaman, MCB yang di pasang telah memenuhi standart dan ada beberapa yang melebihi beban yang terpasang , dikarenakan kemungkinan adanya penambahan beban dikemudian hari.


 


Kata Kunci: Instalasi Listrik Gedung Bertingkat, Miniature Circuit Breaker (MCB), luas penampang, analisis kapasitas.

Article Details

References

  1. [1] Y. Tjandi and H. Mudassir, “TEKNIK PERENCANAAN INSTALASI LISTRIK. I.”
  2. [2] G. Firmansyah, T. Haryono, and B. Sugiyantoro, “KARAKTERISTIK BERBAGAI JENIS BAHAN ISOLASI KABEL INSTALASI TEGANGAN RENDAH.”
  3. [3] K. K. R.I., “Memasang Instalasi Listrik Bangunan Sederhana (Rumah Tinggal, Sekolah, Rumah Ibadah) KTL.IK02.118.01,” 2018.
  4. [4] Badan Standarisasi Nasional, “Persyaratan Umum Instalasi Listrik 2000 (PUIL 2000),” 2000.
  5. [5] Baharudin and Alwi, “ANALISIS SISTEM KELISTRIKAN HOTEL BUMI ASIH,” 2018.
  6. [6] A. Azis, D. Irine, and K. Febrianti, “ANALISIS SISTEM PROTEKSI ARUS LEBIH PADA PENYULANG CENDANA GARDU INDUK BUNGARAN PALEMBANG,” J. AMPERE, vol. 4, no. 2, 2019.
  7. [7] O. Nurfitri, D. Notosudjono, and A. R. Machdi, “STUDI PERANCANGAN INSTALASI LISTRIK PADA GEDUNG BERTINGKAT ONIH BOGOR.” [Online]. Available: https://www.google.co.id/search?q=trafo+.