Main Article Content

Abstract

Indonesia merupakan negara berkembang,untuk menunjang perkembangan tersebut juga perlu di imbangi dengan ketersedian energi yang cukup. Kebutuhan akan energi dari tahun ketahun terus meningkat dengan signifikan apalagi Indonesia saat ini masih sangat bergantung khususnya pada batu bara dan minyak bumi yang suatu saat bisa habis maka diperlukannya pengembangan energi alternatif yaitu energi angin khususnya pembelajaran tentang turbin angin.  Pada proses penelitian ini penulis menggunakan metode studi literatur dengan cara mencari referensi dari jurnal atau artikel dan obeservasi langsung ke lapangan, setelah mendapatkan data – data yang diperlukan selanjutnya adalah melakukan simulasi menggunakan software PowerSimulator dan melakukan perhitungan manual menggunakan rumus. Dari kedua percobaan tersebut bertujuan untuk membandingkan dan hasilnya pada sample menggunakan data kecepatan angin 3 m/s daya yang dihasilkan dari simulasi 0,58 Watt sedangkan dari perhitungan manual sebesar 0,62 Watt. Dapat disimpulkan dari kedua percobaan tersebut hasil yang didapat hanya terdapat selisih yang tidak terlalu besar.  


 


 

Keywords

Wind Turbine, PowerSimulator, Wind Energy

Article Details

References

  1. 1] Pertamina, "Pertamina Gas," 23 9 2020. [Online]. Available: Available:http://www.pertagas.pertamina.com/Portal/Content/Read/45.
  2. [2] L. B. Nusantara, Pengenalan
  3. Turbin Angin Skala Mikro, Tasikmalaya, 2019.
  4. [3] A. &. H. W. Bachtiar, "Analisis potensi pembangkit listrik tenaga angin PT. Lentera Angin Nusantara (LAN) Ciheras.," Jurnal Teknik Elektro, pp. 35 - 45, 2018.
  5. [4] K. Irfandi, "Evaluasi Bilah Turbin Angin 500 Watt Dengan Melakukan Pengujian Pada Wind Tunnel Universitas Nurtanio Bandung.," Jurnal Industri Elektro dan Penerbangan, 2020.
  6. [5] A. A. C. S. &. F. F. Nuraini, "Analisis Perbandingan Bilah Turbin Angin Jenis Taper dengan Taperless pada Turbin Angin Skala Mikro di PT. Lentera Bumi Nusantara.," in Seminar Nasional Teknik Mesin 2021 , 2019.
  7. [6] M. K. R. &. M. A. Saputra, "Rancang Bangun Turbin Angin Skala Kecil Untuk Kawasan Kampus Univ. Teuku Umar.," Jurnal Mekanova: Mekanikal, Inovasi dan Teknologi., 2019.
  8. [7] M. H. P. &. N. M. R. Adam, "Analisa pengaruh perubahan kecepatan angin pada pembangkit listrik tenaga angin (PLTA) terhadap daya yang dihasilkan generator DC.," RELE (Rekayasa Elektrikal dan Energi): Jurnal Teknik Elektro, pp. 30 - 36.
  9. [8] M. S. R. N. &. H. K. Effendy, "Perancangan Maximum Power Point Tracking pada Pembangkit Listrik Tenaga Bayu Menggunakan Four Switch Buck Boost Converter dengan Metode P&O-ORB. TRANSMISI," p. 103 = 108, 2019.