Main Article Content

Abstract

Kecelakaan kebakaran yang sering terjadi telah menimbulkan banyak korban jiwa dan kerugian harta benda. Dalam melakukan pemadaman api pada suatu ruangan, petugas pemadam kebakaran harus mengambil beberapa resiko, seperti tertabrak benda yang jatuh dari atap gedung atau api yang semakin membesar. Pada penelitian ini akan dibuat prototipe robot pemadam api dengan cara mengumpulkan sampel yang mensimulasikan kebakaran di atas panggung. Dalam pengoperasiannya, robot dirancang menggunakan empat jenis sensor, antara lain sensor aktivasi suara untuk sinyal aktivasi awal saat mengaktifkan robot, sensor ultrasonik untuk deteksi jarak, sensor UVtron untuk mendeteksi kebakaran dan sensor Line untuk mendeteksi kebakaran api. Dengan merancang prototipe robot pemadam api, yang ingin kami dapatkan adalah robot pemadam api dapat mencari ruangan untuk mencoba mencari dan memadamkan api. Dapat disimpulkan bahwa jika Anda ingin membuat robot pemadam api yang sebenarnya, Anda dapat menggunakan prototipe robot pemadam api sebagai dasar. Pada metode pengambilan data menggunakan logika fuzzy menggunakan aplikasi mathlab dan penujian sampel jarak. Pada simulasi prototype ini dilakukan pengambilan sampel pada jarak 5 cm, 10 cm, 20 cm, 30 cm. Hasil yang didapatkan prototype dapat mendeteksi keberadaan api secara maksimal pada jarak 20 cm.

Keywords

sensor sound aktivasi, sensor ultrasonik, robot pemadam api, sensor cahaya, sensor Uvtron.

Article Details

References

  1. [1] Andreas Widiyantoro, T. S. (2014). Menerapkan Logika Fuzzy Mamdani Untuk Menentukan Harga Jual Batik. Techno.COM, Vol. 13, No. 2, Mei 2014: 69-74 (pp. 69-74). Techno.COM.
  2. [2] H. T. Nguyen, N. R. Prasad, C. L. Walker, and E. A. Walker. Fuzzy and Neutral Control. Boca Raton: Chapman & Hall/CRC, 2003.
  3. [3] Kusumadewi, S. (2006). Artificial Iinteligence (Teknik dan Aplikasinya). Yogjakarta: Graha Ilmu.
  4. [4] Ross, T. J. (2010). Fuzzy Logic with Engineering Applications, Third Edition. University of New Mexico, USA: John Wiley & Sons, Ltd. ISBN: 978-0-470-74376-8.
  5. [5] S. Kusumadewi, Analisis & Desain Sistem Fuzzy, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2002.
  6. [6] Thomas dan Y. W. A. Prasetyo, Analisis dan desain sistem kontrol dengan MATLAB, Yogyakarta : Andi, 2004.