Main Article Content

Abstract

UIN Sunan Kalijaga memiliki banyak data pendaftar dari berbagai jalur, salah satunya jalur Mandiri. Program studi yang dipilih oleh pendaftar dapat digunakan sebagai informasi dengan melakukan analisis. Analisis pilihan program studi yang dipilih oleh pendaftar dapat informasi masing-masing program studi dalam menarik minat mahasiswa baru, selain itu mempermudah pendaftar dalam mendapatkan apa yang dicita-citakan melalui pemilihan program studi yang tepat dengan menggali pola-pola yang ada untuk pertimbangan pemilihan program studi.


Dalam menganalisis pemilihan program studi pendaftar dapat menggunakan Algoritma Apriori. Algoritma Apriori merupakan algoritma yang berguna menemukan pola-pola data dengan nilai frekuensi. Program Studi yang dipilih oleh pendaftar memiliki hubungan yang dapat direpresentasikan dalam aturan asosiasi. Algoritma apriori berperan dalam melakukan proses perhitungan dalam menentukan nilai support setiap program studi dan kombinasi program studi yang banyak dipilih oleh pendaftar berdasarkan frekuensi item(program studi) dan menentukan nilai confidence kombinasi program studi untuk proses analisis asosiasi.


Output/hasil dari analisis asosiasi yang dilakukan pada penelitian ini menghasilkan pengetahuan/knowledge tentang pendaftar yang memilih program studi Teknik Industri juga memilih program studi Teknik Informatika sebagai kombinasi program studi yang paling banyak dipilih pendaftar UIN Sunan Kalijaga tahun ajaran 2016/2017 dan mengetahui seberapa kuat

Keywords

Data Mining Algoritma Apriori Analisis Asosiasi Pendaftar UIN Sunan Kalijaga

Article Details