SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN JURUSAN DI SMA YADIKA NATAR DENGAN ALGORITMA FUZZY C-MEANS

  • Kiki Rizki Amalia
  • Fahlul Rizki UAP
  • Agus Setiawan Universitas Aisyah Pringsewu

Abstract

Dalam proses pendidikan di sekolah, perbedaan masing-masing siswa harus diperhatikan karena dapat menentukan baik buruknya prestasi belajar siswa. Tujuan sekolah yang mendasar adalah mengembangkan semua bakat dan kemampuan siswa selama proses pendidikan.

masalah yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah “ Bagaimana  Mengelompokan siswa Sekolah Menengah Atas ( SMA )  Untuk Meningkatkan Akurasi dalam Proses pengelompokan siswa dalam pemilihan Jurusan berdasarkan nilai prestasi siswa di masa yang akan datang”.

Proses klastering dalam penelitian ini dilakukan dengan menentukan jumlah klaster yang terbentuk di awal proses sesuai dengan jumlah kelompok (Jurusan) yang diinginkan. Dengan demikian, tidak dapat dipastikan berapa sesungguhnya jumlah klaster ideal yang terbentuk dari data nilai siswa yang ada, sehingga akurasi hasil pengelompokkan tidak dapat terukur.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-08-01