Perancangan Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web pada Ganesha Shop
Keywords:
Sistem informasi penjualan, Website, DFD, CMS, OpencartAbstract
Ganesha Shop adalah toko yang menyediakan produk elektronik dan pakaian, namun proses penjualannya masih dilakukan secara manual, mulai dari pencatatan transaksi hingga promosi yang terbatas pada media sosial. Kondisi tersebut berisiko menimbulkan kesalahan pencatatan, kehilangan data, serta kurang optimalnya jangkauan pasar. Penelitian ini bertujuan merancang sistem informasi penjualan berbasis web sebagai solusi untuk meningkatkan efisiensi transaksi, pengelolaan data, dan strategi pemasaran produk. Metode yang digunakan meliputi pemodelan Data Flow Diagram (DFD) serta pemanfaatan Content Management System (CMS) e-commerce Opencart. Hasil penelitian menghasilkan sistem informasi penjualan berbasis web yang mampu memudahkan interaksi jual beli antara toko dan pelanggan, memperluas akses pemasaran, serta mengurangi potensi kesalahan administrasi. Dengan adanya sistem ini, Ganesha Shop diharapkan dapat meningkatkan kinerja operasional sekaligus memperkuat daya saing bisnisnya.
Downloads
References
G. Gunawan, N. Hartono, dan E. S. Marsun, “Implementasi sistem manajemen informasi pemasaran dan penjualan berbasis web menggunakan CMS OpenCart: Studi kasus Palapa Sablon, Kabupaten Gowa,” INSYPRO J., vol. 7, no. 2, Des. 2022. doi: 10.24252/insypro.v7i2.33104. [Daring]. Tersedia: journal.uin-alauddin.ac.id
D. S. Soegoto dan R. Rismaya, “Rancangan sistem informasi penjualan berbasis web,” dalam Proc. Int. Conf. Informatics, Eng. Sci. Technol. (INCITEST), Bandung, Jul. 2019. doi: 10.4108/eai.18-7-2019.2287834. [Daring]. Tersedia: eudl.eu
N. Salshavira, F. Annas, dan F. W. Fatma, “Pengembangan e-commerce berbasis OpenCart sebagai sarana promosi digital bagi UMKM makanan di Lubuk Basung,” JOVISHE, vol. 3, no. 1, 2023. doi: 10.57255/jovishe.v3i1.463. [Daring]. Tersedia: journal.makwafoundation.org
M. Rival, F. Annas, dan A. F. S. Hasibuan, “Perancangan aplikasi e-commerce dengan platform OpenCart pada industri rumahan di Payakumbuh,” JOVISHE, vol. 3, no. 2, 2024. doi: 10.57255/jovishe.v3i2.482. [Daring]. Tersedia: journal.makwafoundation.org
L. D. Cahyanti, E. Firasari, dan U. Khultsum, “Pengembangan sistem informasi penjualan berbasis web untuk UKM Rukun Makmur Tlingsing,” Nuansa Informatika, vol. 18, no. 2, hlm. 11–18, Jul. 2024. doi: 10.25134/ilkom.v18i2.126. [Daring]. Tersedia: journal.fkom.uniku.ac.id
A. S. Pradita dan S. Sumarno, “Rancangan sistem informasi penjualan online berbasis web pada PT Safra Asia Gemilang,” Indonesian J. Netw. Secur. (IJINS), vol. 20, Okt. 2022. doi: 10.21070/ijins.v20i.740. [Daring]. Tersedia: ijins.umsida.ac.id
N. F. Waruwu dan H. T. Amijaya, “Pengembangan sistem informasi penjualan berbasis web pada salah satu toko dengan pendekatan B2C,” J. Computech & Bisnis, vol. 17, no. 2, hlm. 145–151, 2024. doi: 10.56447/jcb.v17i2.244. [Daring]. Tersedia: jurnal.stmik-mi.ac.id
S. A. Yusriadi, “Rancangan sistem akuntansi penjualan dengan standar EMKM menggunakan pendekatan web,” aisthebest (Accounting Information Systems and Info. Tech. Business Enterprise), vol. 7, no. 2, hlm. 166–180, Feb. 2023. doi: 10.34010/aisthebest.v7i2.9125. [Daring]. Tersedia: ojs.unikom.ac.id
A. Nurdin, H. F. P. Sari, dan Y. Saputra, “Perancangan sistem informasi penjualan berbasis web pada toko fashion di Bandung,” IOP Conf. Ser.: Mater. Sci. Eng., vol. 407, no. 1, Art. 012023, 2018. doi: 10.1088/1757-899X/407/1/012023. [Daring]. Tersedia: iopscience.iop.org
S. Zhou, “Prediksi penjualan e-commerce menggunakan jaringan saraf LSTM,” dalam Proc. 2nd Int. Conf. Math. Statistics and Economic Analysis (MSEA 2023), Nanjing, China, Mei 2023. doi: 10.4108/eai.26-5-2023.2334251. [Daring]. Tersedia: eudl.eu
P. Hristoski dan I. Mitrevski, “Evaluasi metrik kinerja berbasis bisnis dalam e-commerce melalui simulasi web,” CARMA 2016: 1st Int. Conf. Adv. Research Methods in Analytics, Valencia, Spain, Jul. 2016, hlm. 120. doi: 10.4995/CARMA2016.2016.2915. [Daring]. Tersedia: riunet.upv.es
M. Abebe, “Adopsi e-commerce, orientasi kewirausahaan, dan kinerja usaha kecil dan menengah,” J. Small Bus. Enterprise Dev., vol. 21, no. 1, hlm. 100–116, Feb. 2014. doi: 10.1108/JSBED-10-2013-0145. [Daring]. Tersedia: emerald.com
J. Alzahrani, “Dampak adopsi e-commerce terhadap strategi bisnis UMKM di Arab Saudi,” Rev. Econ. Political Sci., vol. 4, no. 1, hlm. 73–88, Jan. 2019. doi: 10.1108/REPS-10-2018-013. [Daring]. Tersedia: emerald.com
K. Zhao, X. Zuo, P. Lin, et al., “Forecasting penjualan dengan menggunakan Convolutional Neural Network pada e-commerce,” ARASET, vol. 30, no. 3, hlm. 290–301, 2022. doi: 10.37934/araset.30.3.290301. [Daring]. Tersedia: scispace.com
A. Taherdoost, “Analisis dan pengukuran performa dalam e-bisnis,” dalam E-Business Essentials, H. Taherdoost, Ed. Bonn: Springer, EAISICC Series, hlm. 351–378, Sep. 2023. doi: 10.1007/978-3-031-39626-7_14. [Daring]. Tersedia: springer.com