Peranan Framework ITIL V3 Untuk Mengevaluasi Tingkat Kematangan Layanan Dites di Instansi LLDIKTI Wilayah II

Authors

  • Naurah Maryeifa Sistem Informasi, Fakultas Kesehatan Universitas Anak Bangsa

Keywords:

Layanan teknologi informasi, ITIL versi 3, maturity level

Abstract

Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) wilayah II Palembang adalah instansi pemerintah di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang bertugas untuk melaksanakan pengawasan, pengendalian dan pembinaan terhadap Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di wilayahnya. Dalam pemanfaatan teknologi informasi untuk mewujudkan pelayanan prima, LLDIKTI wilayah II membuat program yang bernama layanan Digital Tracking Equipment System (DiTES) yang berfungsi sebagai pengumpul dan penyaji informasi mengenai kepentingan perguruan tinggi. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan pihak instansi terkait, DiTES memiliki permasalahan seperti kurangnya manajemen kontrol (pengelolaan layanan) dalam kegiatan operasionalnya yang belum efektif dan efisien, maka dilakukanlah evaluasi untuk mengukur tingkat kematangan dari layanan sistem tersebut agar dapat dijadikan tolak ukur untuk keberlangsungan sistem. Untuk mengevaluasi tingkat kematangan DiTES, penulis menggunakan kerangka kerja Information Technology Infrastructure Library (ITIL) versi 3 dengan domain Service Operation. Penelitian ini dilakukan dengan melakukan penyebaran kuesioner, observasi dan wawancara untuk memperoleh nilai tingkat kematangan. Hasil perhitungan tingkat kematangan (as is) pada DiTES adalah sebesar 4,10 atau berada pada level 4 (Managed) sedangkan tingkat kematangan yang diharapkan (to be) adalah sebesar 5,00 atau berada pada level 5 (Optimized) dengan kesenjangan yaitu 0,9. Dari hasil evaluasi yang telah dilakukan pada layanan DiTES, diperoleh 5 rekomendasi yang diharapkan dapat membantu instansi LLDIKTI Wilayah II Palembang sebagai bahan pertimbangan untuk mengatasi nilai kesenjangan yang ada guna meningkatkan operasional layanan DiTES.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Anam, M. K., Lizarti, N., & Ulfah, A. N. (2019). Analisa Tingkat Kematangan Sistem Informasi Akademik STMIK Amik Riau Menggunakan ITIL V3 Domain Service Operation. Fountain of Informatics Journal, 4(1), 8. https://doi.org/10.21111/fij.v4i1.2810
[2] Apriza, A. D. (2021). PENGUKURAN TINGKAT KEMATANGAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK UNIVERSITAS IBA PALEMBANG MENGGUNAKAN ITIL V3 DOMAIN SERVICE OPERATION. 6.
[3] Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik (Suharsimi Arikunto (ed.); Edisi Revi). Rineka Cipta. https://irigasi.info/wp-content/uploads/2021/03/PROSEDUR-PENELITIAN-17-Mar-2021-14-11-12.pdf
[4] Arisandy, D., & Br Sembiring, S. (2019). Pengukuran Tingkat Kematangan Layanan IT Dengan CMMI. Julyxxxx, 20(1), 1–5.
[5] Bahtiar, M., & Perdanakusuma, A. R. (2018). Evaluasi Tingkat Kematangan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit Menggunakan ITIL (Information Technology Infrastructure Library) Versi 3 (Studi Pada : Rumah Sakit Umum Universitas Muhammadiyah Malang). 2(11), 4525–4530.
[6] Darius Antoni, et al. (2019). JURNAL BINA KOMPUTER. Pusat Penerbitan dan Percetakan Universitas Bina Darma Palembang. https://doi.org/https://doi.org/10.33557/binakomputer.v1i1
[7] Daud, Y. E., Rindengan, Y., & Sentinuwo, S. R. (2021). Penerapan Cobit5 Build, Acquire and Implement Untuk Mengukur Kematangan Dinas Komunikasi Dan Informatika Kota Manado. 1–8. http://repo.unsrat.ac.id/3082/
[8] Ekaputri, N., Mursityo, Y. T., & Perdanakusuma, A. R. (2018). Evaluasi Maturitas Manajemen Layanan Sistem Informasi Learning NSC Application ( LENSA ) Menggunakan Framework ITIL Versi 3 Domain Service Operation ( Studi Pada Politeknik NSC Surabaya ). 2(11), 5063–5069.
[9] Febriant, A. B., Mursityo, Y. T., & Rachmadi, A. (2019). Evaluasi Maturity Level Manajemen Layanan Teknologi Informasi Menggunakan Framework Itil V3 Domain Service Operation Pada 24Slides Corporation. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 3(6), 5608–5615.
[10] Fitriani, C. (2018). Evaluasi Sistem Layanan Teknologi Informasi Menggunakan Kerangka Kerja ITIL V3 (studi kasus : PT. Asuransi Adira Dinamika). Fakultas Sains Dan Teknologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 3. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/55036
[11] Handayani, R. D., & Aziz, R. A. (2020). Framework Information Technology Infrastructure Library (Itil V3) : Audit Teknologi Informasi Sistem Informasi Akademik (Siakad) Perguruan Tinggi. Explore: Jurnal Sistem Informasi Dan Telematika, 11(1), 29. https://doi.org/10.36448/jsit.v11i1.1456
[12] Handoko, Y. (2017). Pemanfaatan ITIL v3 untuk Mengatasi Masalah Layanan TI pada Sistem Terintegrasi di Perguruan Tinggi Using ITIL v3 to Solve IT Service Problem in Integration System at Universities. Prosiding SAINTIKS FTIK UNIKOM, 2.
[13] Hendarti, H., Husni, H. S., Udiono, T., & Anugrah, A. (2017). Evaluasi pengendalian sistem informasi penjualan. Jurnal Fakultas Hukum UII, 2017(Snati), 96–104.
[14] Herlinudinkhaji, D. (2019). Evaluasi Layanan Teknologi Informasi ITIL Versi 3 Domain Service Desain pada Universitas Selamat Sri Kendal. Walisongo Journal of Information Technology, 1(1), 61. https://doi.org/10.21580/wjit.2019.1.1.4005
[15] Herlinudinkhaji, D., & Daru, A. F. (2015). Audit Layanan Teknologi Informasi Berbasis Information Technology Infrastructure Library ( ITIL ). Jurnal Informatika Upgris, 1(2), 103–111.
[16] Jogiyanto HM dan Willy Abdillah. (2011). Sistem Tatakelola Teknologi Informasi (Sigit Suyantoro (ed.); 1st ed.). PENERBIT ANDI.
[17] Kaban, I. E. (n.d.). ( IT GOVERNANCE ). 9, 1–5.
[18] LLDIKTI2. (2021). Layanan Digital Tracking Equipment System (DiTES). https://dites.lldikti2.id/
[19] Mahardhika, S. A., Aknuranda, I., & Mursityo, Y. T. (2019). Evaluasi Tingkat Kematangan Manajemen Layanan Pemantauan Base Transceiver Station ( BTS ) Pada Unit Network Monitoring System ( NMS ) Berdasarkan ITIL V3 Dengan Domain Service Operation Pada Badan. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 3(4), 3208–3216.
[20] Nugraha, W., & Negara, E. S. (2021). Analisis Layanan Ti Pada Domain Service Operation Dengan Menggunakan Framework Itil V3. JUSIM (Jurnal Sistem Informasi Musirawas), 6(2), 123–136. https://doi.org/10.32767/jusim.v6i2.1476
[21] Retnawiyati, E., Antoni, D., & Herdiansyah, M. I. (2021). Model Manajemen Layanan Teknologi Informasi Berbasis ITIL Versi 3 di LLDIKTI Wilayah II. Jurnal Siskomti, 4, 1. https://www.ejournal.lembahdempo.ac.id/index.php/STMIK-SISKOMTI
[22] Romadhon, A., … H. S.-… S. I. (KNSI, & 2018, undefined. (2018). Mengukur tingkat kematangan layanan IT dengan framework ITIL V3 (Studi kasus: PUSTIPANDA UIN Jakarta). In Jurnal.Atmaluhur.Ac.Id (Vol. 3). http://jurnal.atmaluhur.ac.id/index.php/knsi2018/article/view/512

Published

2025-06-13