ENGINE KILL BY SMS DENGAN PEMOSISIAN KENDARAAN BERBASIS RFID UNTUK PENCEGAHAN KENDARAAN EKSPEDISI PERUSAHAAN KELUAR AREA

  • Yusrodi Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Yuliarman Saragih
  • Wiria Sekolah Tinggi Manajemen Ilmu Komputer Pranata Indonesia
Keywords: RFID, posisi kendaraan, teknologi kendaraan terhubung

Abstract

Peningkatan biaya operasional, khususnya dalam konsumsi bahan bakar, menjadi salah satu faktor utama yang menyebabkan kerugian perusahaan. Hal ini sering kali disebabkan oleh perilaku karyawan, terutama pengemudi ekspedisi, yang menggunakan kendaraan operasional di luar area yang telah ditentukan untuk keperluan pribadi. Oleh karena itu, makalah ini mengusulkan pendekatan berbasis RFID dalam penentuan posisi kendaraan guna mendukung implementasi sistem kendaraan yang terhubung. Saat kendaraan melewati tag RFID, posisinya ditentukan berdasarkan informasi akurat yang tersimpan dalam tag tersebut. Jika kendaraan berada di lokasi tanpa jangkauan RFID, posisinya diperkirakan menggunakan algoritma integrasi kinematika berdasarkan lokasi tag RFID terakhir hingga diperoleh pembaruan dari tag berikutnya. Keakuratan sistem ini divalidasi melalui dua metode independen, yaitu penggunaan radar dan saklar fotolistrik. Pengujian pertama bertujuan untuk memastikan bahwa posisi dinamis yang diperoleh melalui tag RFID sesuai dengan data yang dihasilkan oleh radar, yang dianggap memiliki tingkat akurasi tinggi. Sementara itu, pengujian kedua dilakukan untuk memverifikasi kesesuaian antara posisi yang diperkirakan dari integrasi kinematika dengan posisi yang diperoleh dari tag RFID. Hasil dari kedua pengujian tersebut menunjukkan bahwa sistem berbasis RFID memiliki keakuratan tinggi dalam menentukan posisi kendaraan. Sebagai teknologi pelengkap GPS, yang sering mengalami kendala seperti ketidaktepatan lokasi dan hilangnya sinyal, sistem penentuan posisi berbasis RFID menawarkan potensi yang menjanjikan untuk mendukung implementasi kendaraan yang terhubung. Makalah ini juga mengusulkan dua konsep aplikasi dari sistem ini, yaitu untuk pengendalian operasional kendaraan serta pengelolaan persimpangan Level IV.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1]. H. Zhu dan G. Singh, "A Communication Protocol for a Vehicle Collision Warning System," dalam Proceedings of the 2010 IEEE/ACM International Conference on Green Computing and Communications & 2010 IEEE/ACM International Conference on Cyber, Physical and Social Computing, Hangzhou, China, 18–20 Desember 2010, hlm. 636–644.
[2]. H. S. Tan dan J. H. Huang, "DGPS-Based Vehicle-to-Vehicle Cooperative Collision Warning: Engineering Feasibility Viewpoints," IEEE Transactions on Intelligent Transportation Systems, vol. 7, no. 4, hlm. 415–428, Desember 2006.
[3]. T. Taleb, A. Benslimane, dan K. B. Letaief, "Toward an Effective Risk-Conscious and Collaborative Vehicular Collision Avoidance System," IEEE Transactions on Vehicular Technology, vol. 59, no. 3, hlm. 1474–1486, Maret 2010.
[4]. J. Wang, D. Zhang, J. Liu, M. Lu, dan K. Li, "Multi-Objective Driving Assistance System for Intersection Support," dalam Proceedings of the 13th International IEEE Conference on Intelligent Transportation Systems (ITSC 2010), Madeira Island, Portugal, 19–22 September 2010, hlm. 348–353.
[5]. K. C. Fuersternburg, "A New European Approach for Intersection Safety—The EC-Project INTERSAFE," dalam Proceedings of the 8th International IEEE Conference on Intelligent Transportation Systems, Vienna, Austria, 13–15 September 2005, hlm. 343–347.
[6]. J. Pierowicz, E. Jocoy, M. Lloyd, A. Bittner, dan B. Pirson, Intersection Collision Avoidance Using ITS Countermeasures, Veridian Engineering Report No. 8149-12, National Highway Traffic Safety Administration, Washington, DC, USA, 2000.
[7]. L. Monteiro, T. Moore, dan C. Hill, "What is the Accuracy of DGPS," Journal of Navigation, vol. 58, no. 2, hlm. 207–225, Mei 2005.
[8]. M. O’Connor, Carrier-Phase Differential GPS for Automatic Control of Land Vehicles, Disertasi Ph.D., Stanford University, Stanford, CA, USA, 1997.
[9]. M. Beecroft, M. McDonald, dan J. N. Piao, "Vehicle Positioning for Improving Road Safety," Transport Reviews, vol. 30, no. 6, hlm. 701–715, November 2010.
[10]. S. E. Shladover dan S. K. Tan, "Analysis of Vehicle Positioning Accuracy Requirements for Communication-Based Cooperative Collision Warning," Journal of Intelligent Transportation Systems, vol. 10, no. 3, hlm. 131–140, Juli 2006.
[11]. J. A. Farrell, T. D. Givargis, dan M. J. Barth, "Real-Time Differential Carrier Phase GPS-Aided INS," IEEE Transactions on Control Systems Technology, vol. 8, no. 4, hlm. 709–721, Juli 2000.
[12]. J. H. Huang dan H. S. Tan, "A Low-Order DGPS-Based Vehicle Positioning System Under Urban Environment," IEEE/ASME Transactions on Mechatronics, vol. 11, no. 5, hlm. 567–575, Oktober 2006.
[13]. F. Jiménez, J. E. Naranjo, F. Garcia, dan J. M. Armingol, "Can Low-Cost Road Vehicles Positioning Systems Fulfil Accuracy Specifications of New ADAS Applications?" Journal of Navigation, vol. 64, no. 2, hlm. 251–264, Maret 2011.
[14]. P. McLain, M. Murphy, dan C. Vicek, "GPS/Dead Reckoning for Vehicle Tracking in the 'Urban Canyon' Environment," dalam Proceedings of the Vehicle Navigation and Information Systems Conference, Ottawa, Canada, 12–15 Oktober 1993, hlm. A36–A37.
[15]. H. A. B. F. Oliveira, E. F. Nakamura, A. A. F. Loureiro, dan A. Boukerche, "Vehicular Ad Hoc Networks: A New Challenge for Localization-Based Systems," Computer Communications, vol. 31, no. 12, hlm. 2838–2849, Juli 2008.
[16]. R. Toledo-Moreo dan M. A. Zamora-Izquierdo, "Collision Avoidance Support in Roads with Lateral and Longitudinal Maneuver Prediction by Fusing GPS/IMU and Digital Maps," Transportation Research Part C: Emerging Technologies, vol. 18, no. 4, hlm. 611–625, Agustus 2010.
[17]. A. Edelmayer, M. Miranda, dan V. Nebehaj, "Cooperative Federated Filtering Approach for Enhanced Position Estimation and Sensor Fault Tolerance in Ad-Hoc Vehicle Networks," IET Intelligent Transport Systems, vol. 4, no. 2, hlm. 82–92, Juni 2010.
[18]. D. M. Bevly, "Global Positioning System (GPS): A Low-Cost Velocity Sensor for Correcting Inertial Sensor Errors on Ground Vehicles," Journal of Dynamic Systems, Measurement, and Control, vol. 126, no. 2, hlm. 255–264, Juni 2004.
[19]. A. Islam, U. Iqbal, J. M. P. Langlois, dan A. Noureldin, "Implementation Methodology of Embedded Land Vehicle Positioning Using an Integrated GPS and Multi Sensor System," Integrated Computer-Aided Engineering, vol. 17, no. 1, hlm. 69–83, 2010.
[20]. T. Srikanthan, X. D. Zhang, dan G. R. Jagadeesh, "A Map Matching Method for GPS Based Real-Time Vehicle Location," Journal of Navigation, vol. 57, no. 3, hlm. 429–440, September 2004.
[21]. D. Bernstein, A. L. Kornhauser, dan C. E. White, "Some Map Matching Algorithms for Personal Navigation Assistants," Transportation Research Part C: Emerging Technologies, vol. 8, no. 1–6, hlm. 91–108, Februari–April 2000.
[22]. M. Kobayashi, "Vehicle Positioning Using an Infrared Beacon and Driver Behaviour Analysis for Signal Information Applied System," dalam Proceedings of the Transportation Research Board Annual Meeting, Washington, DC, USA, 13 Januari 2008.
[23]. S. Mori , K. Tanaka, dan Y. Kato, "Evaluation of Positioning Accuracy for Road Traffic Applications Using Differential GPS and Dead Reckoning," IEEE Transactions on Intelligent Transportation Systems, vol. 11, no. 1, hlm. 1–10, Maret 2010.
[24]. P. Misra dan P. Enge, Global Positioning System: Signals, Measurements, and Performance, 2nd ed. Lincoln, MA, USA: Ganga-Jamuna Press, 2006.
[25]. J. Farrell dan M. Barth, The Global Positioning System & Inertial Navigation, New York, NY, USA: McGraw-Hill, 1999.
[26]. K. R. Westrum dan A. B. Chan, "Enhancing GPS Accuracy in Urban Environments Using Map-Based Dead Reckoning," dalam Proceedings of the IEEE Intelligent Vehicles Symposium (IV2006), Tokyo, Japan, 13–15 Juni 2006, hlm. 857–862.
[27]. S. Samama, Global Positioning: Technologies and Performance, Hoboken, NJ, USA: John Wiley & Sons, 2008.
Published
2025-02-28