Jurnal ANALISIS PENERIMAAN PENGGUNA TERHADAP SISTEM LAYANAN ONLINE (SILAKU OKE) PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN WAY KANAN MENGGUNAKAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM)
ANALISIS PENERIMAAN PENGGUNA TERHADAP SISTEM LAYANAN ONLINE (SILAKU OKE) PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN WAY KANAN MENGGUNAKAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM)
Abstract
Administrasi kependudukan merupakan layanan dasar yang disediakan oleh pemerintah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Way Kanan telah mengembangkan Sistem Layanan Dokumen Online Kependudukan (SILAKU OKE) untuk mempermudah masyarakat dalam mengakses layanan administrasi kependudukan secara daring. Namun, implementasi sistem ini masih menghadapi tantangan, seperti rendahnya tingkat adopsi oleh masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi penerimaan pengguna terhadap SILAKU OKE menggunakan kerangka kerja Technology Acceptance Model (TAM). Metode penelitian melibatkan penyebaran kuesioner kepada masyarakat yang telah menggunakan SILAKU OKE, dengan analisis data menggunakan perangkat lunak SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi kemudahan penggunaan dan persepsi kegunaan berpengaruh signifikan terhadap sikap pengguna, yang selanjutnya mempengaruhi niat untuk menggunakan sistem. Namun, terdapat faktor lain yang mempengaruhi tingkat adopsi SILAKU OKE secara keseluruhan, termasuk kebiasaan masyarakat dalam menggunakan layanan offline. Studi ini memberikan rekomendasi strategis bagi Dinas Dukcapil untuk meningkatkan efektivitas SILAKU OKE guna mendukung pelayanan publik yang lebih efisien dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat.
Downloads
References
[2] Yanto, A. Putra, Z. Rahmani, and M. A. Samsudin, “What Makes Gen Z in Indonesia Use P2P Lending Applications: An Extension of Technology Acceptance Model,” J. Sist. Inf., vol. 20, no. 1, pp. 1–22, 2024, doi: 10.21609/jsi.v20i1.1348.
[3] I. Mahendra, “Penggunaan Technology Acceptance Model (TAM) Dalam Mengevaluasi Penerimaan Pengguna Terhadap Sistem Informasi Pada PT. Ari Jakarta,” J. Sist. Inforasi STMIK Antar Bangsa, 2018.
[4] M. A. Saharah, Analisis Penerimaan terhadap Penggunaan Aplikasi Dompet Digital Indonesia (DANA) di Kota Jambi Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM). 2022.
[5] S. R. Wicaksono, Teori Dasar Technology Acceptance Model, no. March. 2022.
[6] P. A. M. . Wida, N. N. K. Yasa, and I. P. G. Sukaatmaja, “The Technology Acceptance Model,” J. Organ. End User Comput., 2004.
[7] K. H. R and J. Triloka, “Kajian Analisis Persepsi Penerimaan Platform Merdeka Mengajar ( PMM ) Pada Guru SMP Negeri Di Kota Metro Dengan Menggunakan Technology Acceptance Model ( TAM ),” no. 2002, pp. 251–258, 2023.
[8] A. Budiyanto, “Penerapan Metode Technology Acceptance Model (TAM) Terhadap Penggunaan Aplikasi Sistem Informasi Akademik Institut Bisnis Nusantara,” J. Esensi Infokom J. Esensi Sist. Inf. dan Sist. Komput., vol. 7, no. 2, pp. 98–102, 2023, doi: 10.55886/infokom.v7i2.776.
[9] T. Irawati, E. Rimawati, and N. A. Pramesti, “Penggunaan Metode Technology Acceptance Model ( TAM ) Dalam Analisis Sistem Informasi Alista ( Application Of Logistic And Supply Telkom Akses ),” vol. 04, no. 2019, pp. 106–120, 2020, doi: 10.34010/aisthebest.v4i02.2257.
[10] E. D. Madyatmadja, L. Kusumawati, S. P. Jamil, W. Kusumawardhana, S. Informasi, and U. B. Nusantara, “PERBANDINGAN METODE TAM DENGAN SPSS TERHADAP TINGKAT PENERIMAAN APLIKASI E-PERPUSTAKAAN BAGI SISWA,” Raden Ario Damar, vol. 7, no. 1, pp. 55–62, 2021.
[11] A. Mubaarok and S. Sutedi, “Evaluasi SIMKAH Menggunakan Metode Technology Acceptance Model pada Kantor Urusan Agama Kecamatan Tanjung Karang Barat Bandar Lampung,” SEAT J. Softw. Eng. Technol., vol. 4, no. 1, pp. 28–42, 2024.
[12] Z. Ruslan, “Letter of Credit: Uniform Custom Practice dan Fraud dalam Perdagangan Internasional,” Equity J. Ekon., vol. 10, no. 2, pp. 117–126, 2022, doi: 10.33019/equity.v10i2.118.