Main Article Content

Abstract

Aplikasi SiTabsis adalah aplikasi Sistem Informasi Tabungan Siswa berbasis web dengan sistematis dan terstruktur yang digunakan untuk menginput data tabungan siswa, kemudian digunakan SMPN 3 Gading Rejo untuk mengatasi masalah yang ada pada sistem saat ini. Penelitian menunjukkan bahwa user sangat mempermasalahkan tentang user interface (UI) dan user experience (UX) aplikasi SiTabsis. Dari hasil kuisioner dan pengujian pertama yang menggunakan metode usability testing dan skala Likert ke 31 pengguna aplikasi SiTabsis didapatkan respon untuk aspek user friendly sebesar 35.5 % dan aspek efficiency sebesar 36.7% dari kedua nilai tersebut merujuk pada indikator tidak setuju. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan permasalahan usability dan membuat redesign aplikasi SiTabsis dengan mengamati aspek UI dan UX memakai pendekatan Human Centered Design dengan 4 tahapan yaitu, understanding context of use, specify user requirements, design solutions dan evaluating the design. Pendekatan ini berfokus pada user dan kebutuhan user karena pengembangan desain dan sistem interaktifnya. Pengumpulan data awal dilakukan menggunakan kuisioner dan wawancara dengan pihak pengguna aplikasi SiTabsis. Lalu, menggunakan rekomendasi pengujian UI & UX memakai metode usability testing dan skala Likert  untuk rekomendasi desain ke 31 pengguna. Didapatkan hasil dari kedua ini mengalami kenaikan nilai dari aplikasi SiTabsis saat ini, dengan rata-rata nilai user friendly sebesar 83.2%, indikator effisiensi meningkat 82.5%, indikator memorability meningkat 88%, indikator errors meningkat 81.2%, indikator satisfaction meningkat 83.6%.


 


Kata Kunci: user interface, user experience, human centered design, skala likert, efficiency, user, errors, satisfaction.

Keywords

user interface, user experience, human centered design, skala likert, efficiency, user, errors, satisfaction.

Article Details

References

  1. [1] I. N. Arifin, H. Tolle, and R. I. Rokhmawati, “Evaluasi dan Perancangan User Interface untuk Meningkatkan User Experience menggunakan Metode Human-Centered Design dan Heuristic Evaluation pada Aplikasi Ezyschool,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput. Vol., vol. 3, no. 2, pp. 1725–1732, 2019, [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id
  2. [2] D. R. Anggitama, H. Tolle, and H. M. Az-zahra, “Evaluasi Dan Perancangan User Interface Untuk Meningkatkan User Experience Menggunakan Metode Human Centered Design Dan Heuristic Evaluation Pada Aplikasi EzyPay (Evaluation and Design of User Interface to Improve User Experience Using Human Centered Desi,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput. Univ. Brawijaya, vol. 2, no. 12, pp. 6152–6159, 2018, [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id
  3. [3] A. Z. Mubarok, Carudin, and A. Voutama, “Perancangan User Interface/User Experience Pada Aplikasi Baby Spa Berbasis Mobile Untuk User Customer Dan Terapis Menggunakan Metode User Centered Design,” J. Pendidik. dan Konseling, vol. 4, no. 5, pp. 6368–6380, 2022.
  4. [4] B. Suprapto, H. Simanjutak, A. Mahmudi, P. Studi Manajemen Informatika, A. Dian Cipta Cendikia Pringsewu Jl Jendral Ahmad Yani No, and G. Makam Sidoharjo Pringsewu -Lampung, “APLIKASI TABUNGAN SISWA SMP NEGERI 3 GADINGREJO BERBASIS WEB,” J. Inform. Softw. dan Network), vol. 03, no. 01, pp. 36–47, 2022, [Online]. Available: www.smpn3gadingrejo.sch.id/sejarah-sekolah.
  5. [5] E. R. Subhiyakto, Y. P. Astuti, and L. Umaroh, “KONSTELASI: Konvergensi Teknologi dan Sistem Informasi Perancangan User Interface Aplikasi Pemodelan Perangkat Lunak Menggunakan Metode User Centered Design,” pp. 145–154, 2021.
  6. [6] S. agus mulyanto, “Perancangan,” pp. 8–22, 2019.
  7. [7] S. Informasi, F. Teknik, and U. T. Indonesia, “PERANCANGAN USER INTERFACE ( UI ) DAN USER EPERINCE ( UX ) SISTEM PENGADUAN PENCEMARAN LINGKUNGAN,” vol. 3, no. 3, pp. 26–32, 2022.
  8. [8] P. S. Tinur, “Perancangan User Interface (UI) Berdasarkan User Experience (UX) pada Aplikasi iPusnas Menggunakan Metode User-Centered Design,” Angew. Chemie Int. Ed. 6(11), 951–952., pp. 2013–2015, 2021.
  9. [9] Suteja&Harjoko, User Interface & Experience, vol. 8, no. 5. 2019.
  10. [10] sugiono, “Populasi Dan Sampel,” pp. 30–44, 2019.
  11. [11] M. Westerdal, A. Rights, and I. Copyright, “wawancara dan observasi,” pp. 51–62, 2020.
  12. [12] Samsu, “Metode Penelitian Metode Penelitian,” Metod. Penelit. Kualitatif, no. 17, p. 43, 2017, [Online]. Available: http://repository.unpas.ac.id/30547/5/BAB III.pdf
  13. [13] P. Nu’us, “Metode Penelitian,” J. Chem. Inf. Model., vol. 53, no. 9, pp. 1689–1699, 2019.
  14. [14] P. Sukmasetya, A. Setiawan, and E. R. Arumi, “Penggunaan Usability Testing Sebagai Metode Evaluasi Website Krs Online Pada Perguruan Tinggi,” JST (Jurnal Sains dan Teknol., vol. 9, no. 1, pp. 58–67, 2020, doi: 10.23887/jstundiksha.v9i1.24691.
  15. [15] M. A. Muhyidin, M. A. Sulhan, and A. Sevtiana, “Perancangan Ui/Ux Aplikasi My Cic Layanan Informasi Akademik Mahasiswa Menggunakan Aplikasi Figma,” J. Digit, vol. 10, no. 2, p. 208, 2020, doi: 10.51920/jd.v10i2.171.
  16. [16] A. P. H. Wahono, “Analisis Penggunaan Website Citihub Hotel dengan Menggunakan Usability Testing,” Angew. Chemie Int. Ed. 6(11), 951–952., pp. 7–22, 2019, [Online]. Available: https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/2627/
  17. [17] “desain komunikasi visual.” 2019.