PERANCANGAN UI/UX BERBASIS MOBILE PADA APLIKASI E-LEARNING SMARTPLUS ACADEMY MENGGUNAKAN METODE HUMAN CENTERED DESIGN
DOI:
https://doi.org/10.30604/jti.v6i2.235Abstract
Smartplus Academy merupakan platform yang menyediakan pelatihan online berbasis kurikulum 
industri. Untuk memudahkan dan memberikan kenyamanan belajar kepada pengguna, Smartplus 
Academy menginginkan pembuatan aplikasi mobile e-learning. Dalam perancangan aplikasi 
kekurangan dapat terjadi. Untuk itu dalam perancangan aplikasi perlu adanya perancangan user 
interface (UI) dan user experience (UX). Perancangan dilakukan dengan menggunakan metode 
Human Centered Design. Metode Human Centered Design ialah metode yang berfokus kepada 
manusia atau pengguna dalam merancang sebuah desain. Terdapat empat tahapan yaitu understand 
and specify the contex of use, specifying the user requirements, producing design solutions dan 
evaluating the design. Dalam tahap evaluating the design dilakukan pengujian usability menggunakan 
metode usability testing dan system usability scale, dengan mengukur tingkat effectiveness, efficiency 
dan satisfaction. Pengujian melibatkan 20 responden dengan memberikan 5 tugas, hasil pengujian 
tingkat effectiveness memperoleh 98%, efficiency 97,85% dan satisfaction 97,37%. Hasil pengujian 
dapat disimpulkan bahwa design user interface dan user experience aplikasi Smartplus Academy 
dapat digunakan secara effective dan efficient, serta dapat memberikan pengalaman yang baik kepada 
pengguna.
Downloads
References
[2] B. Clinten, "Survei APJII Pengguna Internet di Indonesia Tembus 215 Juta Orang," APJII, 10 Maret 2023. [Online]. Available: https://apjii.or.id/berita/d/survei-apjii-pengguna-internet-di-indonesia-tembus-215-juta-orang. [Accessed Maret 2023].
[3] D. Karlina and D. R. Indah, "Perancangan User Interface dan User Experience Sistem Informasi E-learning Menggunakan Desain Thinking," Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi, vol. 8, 3 12 2022.
[4] I. O. f. Standardization, "ISO 9241-210:2019 (en) Ergonomics of human-system interaction — Part 210: Human-centred design for interactive systems.," Online Browsing Platform (OBP), 2019. [Online]. Available: https://www.iso.org/obp/ui/#iso:std:iso:9241:-210:ed-2:v1:en.
[5] F. P. Putra and A. Tedyyana, "Pendekatan Human Centered Design pada Perancangan User Experience Aplikasi Pemesanan Mneu Cafe," Jurnal Sistem Informasi, vol. 10, 05 2021.
[6] C. Damayanti, A. Triayudi and I. D. Sholihati, "Analisis UI/UX Untuk Perancangan Website Apotek dengan Metode Human Centered Design dan System Usability Scale," Jurnal Media Informatika Budidarma, vol. 6, 01 2022.
[7] J. Mifsud, "Usability Metrics – A Guide To Quantify The Usability Of Any System," 2019. [Online]. Available: https://usabilitygeek.com/usability-metrics-a-guide-to-quantify-system-usability/. [Accessed Maret 2023].
[8] J. Sauro and J. R. Lewis, Quantifying the User Experience Practical Statistics for User Research, 2 ed., Cambridge: Elsevier, 2016.