Main Article Content

Abstract

Smartplus Academy merupakan platform yang menyediakan pelatihan online berbasis kurikulum
industri. Untuk memudahkan dan memberikan kenyamanan belajar kepada pengguna, Smartplus
Academy menginginkan pembuatan aplikasi mobile e-learning. Dalam perancangan aplikasi
kekurangan dapat terjadi. Untuk itu dalam perancangan aplikasi perlu adanya perancangan user
interface (UI) dan user experience (UX). Perancangan dilakukan dengan menggunakan metode
Human Centered Design. Metode Human Centered Design ialah metode yang berfokus kepada
manusia atau pengguna dalam merancang sebuah desain. Terdapat empat tahapan yaitu understand
and specify the contex of use, specifying the user requirements, producing design solutions dan
evaluating the design. Dalam tahap evaluating the design dilakukan pengujian usability menggunakan
metode usability testing dan system usability scale, dengan mengukur tingkat effectiveness, efficiency
dan satisfaction. Pengujian melibatkan 20 responden dengan memberikan 5 tugas, hasil pengujian
tingkat effectiveness memperoleh 98%, efficiency 97,85% dan satisfaction 97,37%. Hasil pengujian
dapat disimpulkan bahwa design user interface dan user experience aplikasi Smartplus Academy
dapat digunakan secara effective dan efficient, serta dapat memberikan pengalaman yang baik kepada
pengguna.

Article Details

References

  1. [1] A. Hidayat and H. M. Fauziyyah, "Perancangan Desain Antarmuka Aplikasi Pembelajaran Online Berbasis Mobile Menggunakan Metode Design Thinking," Jurnal Teknik Informatika, vol. 10, p. 10, 2022.
  2. [2] B. Clinten, "Survei APJII Pengguna Internet di Indonesia Tembus 215 Juta Orang," APJII, 10 Maret 2023. [Online]. Available: https://apjii.or.id/berita/d/survei-apjii-pengguna-internet-di-indonesia-tembus-215-juta-orang. [Accessed Maret 2023].
  3. [3] D. Karlina and D. R. Indah, "Perancangan User Interface dan User Experience Sistem Informasi E-learning Menggunakan Desain Thinking," Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi, vol. 8, 3 12 2022.
  4. [4] I. O. f. Standardization, "ISO 9241-210:2019 (en) Ergonomics of human-system interaction — Part 210: Human-centred design for interactive systems.," Online Browsing Platform (OBP), 2019. [Online]. Available: https://www.iso.org/obp/ui/#iso:std:iso:9241:-210:ed-2:v1:en.
  5. [5] F. P. Putra and A. Tedyyana, "Pendekatan Human Centered Design pada Perancangan User Experience Aplikasi Pemesanan Mneu Cafe," Jurnal Sistem Informasi, vol. 10, 05 2021.
  6. [6] C. Damayanti, A. Triayudi and I. D. Sholihati, "Analisis UI/UX Untuk Perancangan Website Apotek dengan Metode Human Centered Design dan System Usability Scale," Jurnal Media Informatika Budidarma, vol. 6, 01 2022.
  7. [7] J. Mifsud, "Usability Metrics – A Guide To Quantify The Usability Of Any System," 2019. [Online]. Available: https://usabilitygeek.com/usability-metrics-a-guide-to-quantify-system-usability/. [Accessed Maret 2023].
  8. [8] J. Sauro and J. R. Lewis, Quantifying the User Experience Practical Statistics for User Research, 2 ed., Cambridge: Elsevier, 2016.