Main Article Content

Abstract

Saat ini, permintaan akan akses internet telah mencapai tingkat yang sangat tinggi, karena banyak orang membutuhkan konektivitas untuk mencari informasi terkini, membaca artikel, dan menikmati berbagai hiburan. Salah satu tempat yang menyediakan akses internet adalah Jalurdata.net. Banyak Internet Service Provider (ISP) yang menawarkan fasilitas Wi-fi bagi pelanggan. Jalurdata.net, sebuah ISP di Adiluwih Kabupaten Lampung Tengah, juga menyediakan fasilitas hotspot menggunakan vouvher untuk para pelanggan. Namun, fasilitas Wi-fi ini belum memiliki batasan penggunaan. Jalurdata.net menggunakan hotspot dan sistem voucher untuk menghitung akses pengguna. Konfigurasi hotspot dengan menggunakan MikroTik dapat dilakukan untuk mencapai tujuan ini. MikroTik memiliki fitur hotspot dan tambahan fitur User Manager yang memungkinkan manajemen hotspot melalui antarmuka web. Penggunaan voucher dihitung berdasarkan periode waktu tertentu, dan setiap voucher hanya dapat dimanfaatkan oleh satu pengguna saja. Tujuan dari penelitian ini adalah menciptakan voucher hotspot yang dapat diisi ulang melalui situs web login hotspot, sehingga mempermudah konsumen dalam mengakses Wi-Fi, melakukan pengisian ulang voucher, serta mengurangi kelebihan penggunaan Wi-Fi oleh setiap pelanggan. Berdasarkan hasil penelitian, terungkap bahwa dalam pengujian menggunakan voucher yang memiliki batas waktu dan pengguna, satu voucher tidak dapat digunakan oleh lebih dari satu pengguna secara bersamaan. Selain itu, jika waktu voucher telah habis, voucher tersebut dapat diisi ulang kembali. Meskipun demikian, konsumen hanya diperbolehkan melakukan pengisian ulang voucher sekali dalam sehari.


 


Kata Kunci: Hotspot, Voucher, Mikrotik,, Jalurdata.net.


 

Article Details

References

  1. GD. Ramady., AG Mahardika,.,Syarifudin., “Rancang Bangun Infrastruktur Jaringan Hotspot Berbasis Voucher Menggunakan Metode PCQ” Sekolah Tinggi Teknologi Mandala, Jurnal JTIULM, Vol. 5, No 1, 2020.
  2. [2] Dona Wahyudi, Adimas Ketut, M. Ivan W, Heni Puji L , “Penerapan Sistem Voucher Pada Jaringan RT/RW Net Menggunakan Mikhmon” Akademi Komunitas Negeri Putra Sang Fajar Blitar, Jurnal JAMI , Vol 3, No 1, 2022
  3. [3] E. Hendrawan., Ahmad Aldi S., “Desain Jaringan RT/RW Net Hotspot Sistem Dengan Mikrotik Routerboard Sebagai Manajemen Billing Implementasi Sistem Voucher Quota di Lingkungan Pringsewu Selatan”, STMIK Pringsewu Lampung, Jurnal JTKSI, Vol. 04, No. 02.
  4. [4] R.T Subagio., Wanda Ilham., Indra Romadon., 2020, “Pengembangan Konfigurasi Hotspot dan Voucher Login Menggunakan Mikrotik RB952ui Dengan Web Top Up Pada Noralona Coffee Roastery”, Universitas Catur Insan Cendekia, Jurnal FASILKOM Vol. 10, No.2.
  5. [5] J.A Falaq,., Rohmat Tulloh., M. Iqbal, 2021,”Implementasi Jaringan Hotspot Berbayar Berbasis Voucher Menggunakan Platform Google Cloud”, Universitas Telkom Bandung, e-Proceeding of Applied Science, Vol. 7, No. 4.
  6. [6] Y. I. Mukti, “Implementasi Jaringan Hotspot Kampus Menggunakan Router Mikrotik,” Indones. J. Comput. Sci., vol. 8, no. 2, pp. 130–138, 2019.
  7. [7] T. A. A. Sandi, E. K. Pratama, I. N. Leksono, and R. S. Anwar, “Implementasi Hotspot Login Menggunakan Capsman Mikrotik Pada Wilayah Yang Berbeda,” J. Akrab Juara, vol. 4, no. 1, pp. 18–26, 2019.
  8. [8] Syaputra, A., & Stiadi, D. Pemanfaatan Mikrotik Untuk Jaringan Hotspot Dengan Sistem Voucher Pada Desa Ujanmas Kota Pagar Alam. JIRE (Jurnal Informatika dan Rekayasa Elektronika) Volume 3 No. 2, 2020
  9. [9] Rizal Rahman, 19 Januari 2018,
  10. Mengaktifkan User Manajer Untuk Hotspot di Mikrotik RB750, http://www.linuxku.com/2014/06/Mengaktifkan-User-Manager-untuk-Hotspot-di Mikrotik-RB750.html.
  11. [10] G. Fatma, E. Ardiansa, R. Primananda, and M. H. Hanafi, “Manajemen Bandwidth dan Manajemen Pengguna pada Jaringan Wireless Mesh Network dengan Mikrotik,” vol. 1, no. 11, 2017.
  12. [11] M. U. Farouk, M. Ramdhani, and T. A.
  13. Wibowo, “Implementasi jaringan hotspot
  14. berbasis voucher dan billing menggunakan mikrotik router os,” Implementasi Jar. hotspot Berbas. voucher dan billing menggunakan mikrotik router os, 2012..
  15. [12] W. Adhiwibowo and W. Mindatama,
  16. “Implementasi Sistem Voucher dengan
  17. Router Mikrotik,” Pengemb. Rekayasa
  18. dan Teknol., vol. 15, no. 2, 2019.
  19. [13] W. Frado Pattipeilohy, “Analisis dan Perancangan User Manager pada Mikrotik Router dengan Sistem Pembelian Kredit Voucher,” J. Sisfokom (Sistem Inf. dan Komputer), vol. 5, no. 1, p. 64, 2016,
  20. [14] T. Fitria and A. Prihanto,
  21. “Implementasi Generate Voucher Hotspot Dengan Batasan Waktu (Time Based) Dan Kuota (Quota Based)
  22. Menggunakan User Manager Di Mikrotik,” J. Manaj. Inform., vol. 8, no. 2, pp. 18–24, 2018.
  23. [15] .Febriyanti, S. Raharjo, and M. Sholeh,
  24. “Perbandingan Manajemen Bandwidth
  25. Menggunakan Metode FIFO (First In First Out) dan PCQ (Peer Connection Queue) Pada Router Mikrotik (Studi Kasus Pada Laboratorium Komputer Jaringan, Institut Sains & Teknologi
  26. AKPRIND Yogyakarta),” J. JARKOM, vol. 5, no. 2, pp. 89–98, 2017.
  27. [16] Cahyo, Fajar Nur., “Rancang Bangun RT/RW Net Hotspot Sistem Dengan Mikrotik Router OS Sebagai Manajemen Billing” Jurnal Mahasiswa STEKOM Semarang 1,1, 2015
  28. [17] Kurniawan, Rudi., “Analisis dan Implementasi Desain Jaringan Hotspot Berbasis Mikrotik Menggunakan Metode NDLC Pada BPU Bagas Raya Lubuklinggau”, Jurnal Betrik, Vol 7, No. 1, 2016.