Main Article Content

Abstract

Penggunaan AC yang baru akan berjalan dengan efisien dan tanpa kendala dengan adanya program pemeliharaan rutin dan pemeliharaan berkala yang telah direncanakan sebelumnya. Selain itu, pemeliharaan secara tidak terjadwal juga akan dilakukan jika terdapat kerusakan yang perlu diperbaiki. Dalam melakukan pemeliharaan tidak terjadwal, kriteria kerusakan yang ditemukan dalam lapangan digunakan sebagai acuan untuk menentukan jadwal pemeliharaan tersebut. Penjadwalan pemeliharaan AC yang terencana dan tidak terencana digunakan sebagai target, dimana salah satunya akan menjadi hasil akhir yang digunakan untuk menentukan penjadwalan selanjutnya. Untuk menentukan pemeliharaan AC secara berkala dan tidak berkala, metode backpropagation digunakan untuk menganalisis dan menguji data laporan serta kriteria kerusakan yang ada.

Article Details

References

  1. [1] M. A. Thiang, "Sistem Kontrol Dispenser Air Dengan Menggunakan Perintah SuaraBerbasis Voice Recognition Module," TEKNIKA, vol. 11 (1), pp. 14-19, 2022.
  2. [2] Trivusi, "Penjelasan Lengkap Mengenai Logika Fuzzy (Fuzzy Logic)," Trivusi, 09 Oktober 2022. [Online]. Available: https://www.trivusi.web.id/2022/05/pengertianfuzzy-logic.html.
  3. [3] A. D. Raharja, "Kenali MATLAB, platform pemrograman yang dapat membantu Software Engineer," EKRUT, 29 September 2022. [Online]. Available: https://www.ekrut.com/media/matlabadalah.
  4. [4] R. Ramadani, "DISPENSER CERDAS BERBASIS FUZZY LOGIC MENGGUNAKAN FUZZY LOGIC," 2019. [Online]. Available: http://repository.upnjatim.ac.id/8616/1/Cover.pdf.
  5. [5] Willi, "PENGENDALI SUHU AIR DISPENSER," 2008. [Online].