Main Article Content

Abstract

Teknologi kini tentunya semakin pesat dengan diiringi peningkatan dari peradaban manusia yang menyebabkan persaingan yang begitu ketat. Indihome adalah salah satu dari produk layanan Telkom Group yang merupakan berupa bentuk paket layanan yang terpadu dalam sebuah paket triple play yang tentunya meliputi baik layanan komunikasi, data, dan juga entertainment baik seperti layanan telepon rumah dan juga layanan internet (Internet on Fiber atau High Speed Internet). Dengan ini penulis melakukan sebuah penelitian bertujuan untuk dapat menguji seberapa baik kualitas jaringan dari sebuah provider Indihome (PT Telkom Indonesia) di Kecamatan Ciasem Kabupaten Subang dengan memanfaatkan menggunakan metode dari drive test dengan memanfaatkan software Net Monitoring. Didapati dari hasil analisis yang telah kami lakukan menujukan bahwasannya provider dari Indihome kecamatan Ciasem Kabupaten Subang didapati memiliki nilai rata-rata dengan kecepatan download sebesar 26.52 Mb/s dan didapati nilai rata-rata RSSI/RSRP sebesar -79 dBm.


 

Article Details

References

  1. J. Rajeshwar, "Design of Triple Band U- Slot MIMO Antenna for Simultaneous Uplink and Downlink Communications," Progress in Electromagnetics Research C, no. vol.106, no.1, 2020, pp.271-283.
  2. G. Sukadarmika, "Analisis Hasil Drive Test Menggunakan Software G-Net dan Nemo di Jaringan LTE Area Denpasar," E-Journal SPEKTRUM, vol. vol.5(2), 2018.
  3. U.K.Uke, Jaringan Telekomunikasi dan Teknologi Informasi, Bandung: Informatika Bandung, 2018.
  4. A. Lutu, A Characterization of the COVID-19 Pandemic Impact on a Mobile Network Operator Traffic, Proceedings of the ACM Internet Measurement Conference pp.19-33, Mei 2020.
  5. A. Elmokashfi, A-Multi Perspective Study of Internet Performance during the COVID-19 Outbreak, arXiv preprint arXiv:2101.05030., 2021.
  6. B. Hardiyanto, "Analisis Quality of Service (QoS) Jaringan 4G LTE Melalui Drive TestI di BBPLK Bekasi Menggunakan Aplikasi Net Monitor Cell Signal Logging," Jurnal Engineering Edu, vol. vol.6(2), 2020.