Main Article Content

Abstract

Energi listrik merupakan salah satu energi yang memiliki peranan penting dalam kehidupan manusia Dalam meningkatnya pertumbuhan permintaan energi listrik, berdampingan dengan meningkatnya pula kebutuhan akan pasokan energi listrik. Maka dari itu, dibutuhkannya sebuah sistem yang tetap menjaga nilai keandalan serta efisiensi salah satunya adalah pada bidang pengelolaan jaringan sistem tenaga listrik dimulai dari pembangkit, transmisi hingga distribusi. Hal yang menjadi keutamaan adalah untuk memperoleh pengelolaan sistem yang aman, dengan mutu yang baik. PT PLN (Persero) pada tahun 2013 telah menerapkan SCADA yang menjadi sebuah syarat utama untuk meningkatkan nilai keandalan serta efisiensi operasional pada jaringan distribusi sistem tenaga listrik. SCADA (Supervisory Control And Data Acquisition) adalah sebuah sistem yang diterapkan untuk pengambilan data dari jarak jauh secara real time dan remote. Dari hasil penelitian ini  didapatkan bahwa, optimalisasi manuver jaringan dengan mengguanakan SCADA menghasilkan ENS, rupiah tidak terjual dan SAIDI lebih kecil dibandingkan dengan optimalisasi manuver jaringan secara local

Article Details

References

  1. [1] S. D. E. Nasional, “Publikasi Asset Sekretariat Jenderal Dewan Energi Nasional,” September 2019. [Online]. Available: https://www.esdm.go.id/assets. . [Diakses 2021].
  2. [2] M. Hosiana, “Upaya Penanganan Gagal Remote Control Pada Sistem Scada Di Gardu Middle Point PT PLN Unit Pelaksana Pengatur Distribusi (UP2D) Banten,” 2016.
  3. [3] M. Soleh, “Desain Sistem SCADA Untuk Peningkatan Pelayanan Pelanggan Dan Efisiensi Operasional Sistem Tenaga Listrik di APJ Cirebon,” Jurnal Telekomunikasi Dan Komputer, vol. 5, p. 26, 2014.
  4. [4] S. M. Santoso, “Analisa Keandalan Sistem Distribusi 20 KV Menggunakan Indeks Keandalan SAIDI Dan SAIFI PLN ULP PRIMA BEKASI,” Makalah Seminar Kerja Praktek, vol. 12, 2016.
  5. [5] N. Wijayanti, “Analisis Keandalan Penyulang Sistem Distribusi 20KV PT PLN (Persero) APJ Klaten Rayon Boyolali,” 2018.
  6. [6] K. B. S. P. P. (Persero), SPLN S7.001 Operasi Dan Pemeliharaan Sistem Scada, Jakarta: PT. PLN (PERSERO), 2008.
  7. [7] N. Wijayanti, “Analisis Keandalan Penyulang Sistem Distribusi 20KV PT PLN (Persero) APJ Klaten Rayon Boyolali,” Makalah Seminar Kerja Praktek, 2018.
  8. [8] R. D. Akbar, “Penggunaan Ground Fault Detector Untuk Mengurangi KWH Tidak Terjual Pada SKTM 20 KV Penyulang Ombak Di PT. PLN UP3 Bandengan,” Proyek Akhir, 2020.