Main Article Content

Abstract

Kualitas air merupakan salah satu faktor penting keberhasilan seseorang dalam melakukan suatu budidaya perikanan. Kadar air yang terlalu asam atau basa, tingkat kekeruhan, serta suhu air yang terlalu tinggi dapat menyebabkan kematian pada ikan. Selain itu juga ikan harus diberi makan secara rutin dan tepat waktu. Maka dari itu, dibuatlah suatu alat berfungsi untuk memberi makan otomatis dan mengontrol atau menjaga kualitas air kolam untuk mencegah kematian pada ikan yaitu PROTOKOL POS GSM (Produk Alat Monitoring Kolam Lele Pakan Otomatis Berbasis Global System for Mobile). PROTOKOL POS GSM memerlukan komponen berupa sensor RTC (Real Time Clock), sensor ph air, sensor turbidity atau kekeruhan, dan sensor suhu untuk mendapatkan data laporan kualitas air. Selain sensor, alat ini membutuhkan GSM untuk mengirimkan pesan dan LCD (Liquid Crystal Display) sebagai layar untuk menampilkan informasi kualitas air. Berdasarkan hasil pengujian, alat ini membaca ph air kolam dengan nilai 7.09-8.07, suhu sebesar 25.06°C-26.73°C, tingkat kekeruhan sebesar 6NTUs-40NTUs, dan memiliki tingkat delay pengiriman pesan dengan rata-rata 18,17detik. Dapat disimpulkan bahwa alat ini memiliki tingkat akurasi yang cukup tinggi, dan pakan ikan bekerja sesuai perintah masukkan didalam program.


 

Keywords

Kata Kunci: GSM ;PH ; Suhu ; Turbidity, LCD

Article Details

References

  1. [1] Andrianto, Heri dan An Dermawan. 2016. Arduino Belajar Cepat dan
  2. Pemrograman. Informatika, Bandung.
  3. [2] G Arif Ashkaf. 14 Oktober 2015. Pengertian Sistem dan Contohnya (Softskill). Diakses pada 22 Juli 2020, https://arifashkaf.wordpress.com/2015/10/14/pengertian-sistem-dan- contohnya-softskill/
  4. [3] Duski Saad Harahap . 2020. Skripsi “SISTEM MONITORING PEMBERI PAKAN IKAN OTOMATIS MENGGUNAKAN SENSOR HC-SR04 BERBASIS ARDUINO DENGAN SISTEM KENDALI SMS”. Universitas Sumatera Utara, Medan.
  5. [4] Lucky Subagyo. 2017. Jurnal Teknik Elektro vol 06, 213-221. Sistem monitoring arus tidak seimbang 3 fasa berbasis Arduino Uno. Universitas Negeri Surabaya, Jawa Timur.
  6. [5] Wayan Eka Prastia1, Wayan Arta Wijaya, Wayan Sukerayasa. Jurnal SPEKTRUM Vol. 6, No. 1 Maret 2019. Rancang Bangun Monitoring Level Muka Air Tanah Di Perkebunan Lahan Gambut Menggunakan SMS Sebagai Pengirim Informasi Data Berbasis Mikrokontroler. Teknik Elektro, Universitas Udayana Bali.