Main Article Content

Abstract

Sistem Identifikasi adalah sebuah sistem yang digunakan untuk mengidentifikasi sesuatu, salah satunya adalah mengidentifikasi keahlian studi mahasiswa. Untuk mengidentifikasi keahlian mahasiswa menjadi fasilitas yang sangat penting untuk mahasiswa dapat mengetahui bidang yang cocok untuk mahasiswa itu sendiri. STMIK Kuwera mengidentifikasi keahlian mahasiswa dengan cara manual seperti konsultasi antara mahasiswa dengan dosen. Dengan konsultasi, tentu akan memakan waktu. Untuk menghemat waktu maka dengan adanya sistem pakar akan lebih mempercepat pengidentifikasian.  Sistem pakar yang dibangun menggunakan metode Certainty Factor dimana sistem pakar ini dapat membantu mahasiswa dalam menentukan minat bakatnya. Oleh karena itu, sistem yang akan dibuat penulis adalah sistem pengidentifikasi minat mahasiswa yang akan membantu serta menghemat waktu mahasiswa untuk menemukan bidang keahlian yang cocok. Dari 3 Minat yang di ujikan, programmer, Networker, IT Support, mendapatkan hasil perhitungan manual Certainty Factor adalah 36,28% mahasiswa memilih menjadi networker, programmer 28, 45 dan IT Support 35,27%.

Keywords

Identifikasi, Minat Mahasiswa, Sistem pakar, Certainty Factor

Article Details

References

  1. A. Sucipto, Y. Fernando, R. I. Borman, and N. Mahmuda, (2019). Penerapan Metode Certainty Factor Pada Diagnosa Penyakit Saraf Tulang Belakang, J. Ilm. FIFO, vol. 10, no. 2, p. 18, 2019, doi: 10.22441/fifo.2018.v10i2.002.
  2. B. H. Hayadi (2018), Sistem Pakar Penyelesaian Kasus Menentukan Minat Baca, Kecenderungan, dan Karakter Siswa dengan Metode Forward Chaining.
  3. Budi Arifitama. (2015). Perancangan Sistem Pakar Minat Mahasiswa Berdasarkan Kurikulum Program Studi Teknik Informatika Universitas XYZ. Universitas Trilogi
  4. Evi Dewi Sri Mulyani. Cepi Rahmat Hidayat. Tammy Chintya Ulfa. 2018. Sistem Pakar Untuk Menentukan Jurusan Kuliah Berdasarkan Minat dan Bakat Siswa SMA Dengan Menggunakan Metode Forward Chaining. STMIK Tasikmalaya
  5. Sutojo, T., & dkk. (2011). Kecerdasan Buatan. Andi: Yogyakarta
  6. Wibisono, D. (2003). Riset Bisnis. PT Gramedia Pustaka Utama