Main Article Content

Abstract

Perkembangan teknologi informasi menyebabkan banyak aktivitas beralih ke elektronik seperti perdagangan.
Perdagangan secara online atau biasa disebut e-commerce sudah marak dilakukan dalam kehidupan sehari-hari
dan sangat membantu masyarakat dalam hal perekonomian. Di Indonesia sendiri sudah banyak e-commerce
yang sudah berkembang salah satunya adalah JD.ID. Masalah yang sering dihadapi dalam berbelanja online
adalah sulitnya menggunakan interface dari sebuah sistem. Menurut ISO 9241-11, usability adalah bentuk
ukuran sejauh mana sebuah produk dapat digunakan oleh pengguna untuk mencapai tujuan tertentu dengan
efektivitas, efisiensi dan kepuasan dalam konteks penggunaan produk. Dalam penelitian ini, usability website
JD.ID akan dianalisis menggunakan metode USE Questionnaire untuk mengukur kemudahan menggunakan
interface website JD.ID dan meningkatkannya. Metode USE Questionnaire memiliki 4 parameter yaitu
Usefulness, Ease of Use, Ease of Learning, dan User Satisfaction. Hasil penelitian merekomendasikan untuk
melakukan perbaikan dan membuatkan mock up website JD.ID yang lebih baik.

Keywords

Usability Testing USE Questionnaire JD.ID E-commerce

Article Details

References

  1. [1] M. Yunarko, “Transaksi e-commerce Meningkat Hingga Kuartal IV 2020, Tren e-commerce 2021 Diprediksi Tumbuh Positif | Jet Commerce,” Jet Commerce, 2020. https://jetcommerce.co.id/update/transaksi-e-commerce-meningkat-hingga-kuartal-iv-2020-tren-e-commerce-2021-diprediksi-tumbuh-positif/ (accessed Jun. 10, 2021).
  2. [2] M. I. Marsyaf, “Masuki Usia 5 Tahun, JD.ID Beberkan Strategi Manjakan Konsumen di 2021,” SINDOnews.com, Mar. 25, 2021. https://tekno.sindonews.com/read/376514/207/masuki-usia-5-tahun-jdid-beberkan-strategi-manjakan-konsumen-di-2021-1616684623 (accessed Jun. 10, 2021).
  3. [3] Djuwanda, “Sistem Pengembalian Dana JD.ID Sangat Buruk,” Media Konsumen, Jan. 20, 2021. https://mediakonsumen.com/2021/01/20/surat-pembaca/sistem-pengembalian-dana-jd-id-sangat-buruk (accessed Jun. 12, 2021).
  4. [4] L. M. Sanyoto, A. D. Herlambang, and M. C. Saputra, “Analisis Usability Pada Website Terhadap Tingkat Retensi Pelanggan Pada JD.id Berbasis ISO 9241-11,” Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 2, no. 9, pp. 2783–2790, Sep. 2018.
  5. [5] T. Hustak and O. Krejcar, Principle of Usability in Human-Computer Interaction, vol. 354. 2016, pp. 51–57.
  6. [6] A. Lund, “Measuring Usability with the USE Questionnaire,” Usability and User Experience Newsletter of STC Usability SIG, vol. 8, Jan. 2001.
  7. [7] E. S. Rahman and D. Vitalocca, “Analisis Usabilitas Menggunakan USE Questionnaire pada Sistem Informasi SMK Negeri 3 Makassar,” Jurnal Mekom, vol. 5, no. 1, pp. 16–22, Feb. 2018.
  8. [8] H. C. Prakoso, “USABILITY EVALUATION OVO ELECTRONIC WALLET APPLICATION USING USABILITY TESTING AND USEFULNESS, SATISFACTION, EASE OF USE QUESTIONNAIRE,” Gunadarma University, 2021.
  9. [9] J. Nielsen, “Quantitative Studies: How Many Users to Test?,” Nielsen Norman Group, Jun. 25, 2006. https://www.nngroup.com/articles/quantitative-studies-how-many-users/ (accessed Jun. 10, 2021).
  10. [10] Y. S. M. Putra and R. Tanamal, “Analisis Usability Menggunakan Metode USE Questionnaire pada Website Ciputra Enterprise System,” TEKNIKA, vol. 9, no. 1, pp. 58–65, Jul. 2020.