Main Article Content

Abstract

Kemajuan teknologi komputer saat ini telah mengalami kemajuan yang begitu pesat, terutama dalam dunia industri, dimana komputer telah diaplikasikan kedalam alat-alat mesin perkakas. Hasil perpaduan antara teknologi komputer dan teknolog, sehingga selanjutnya dinamakan dengan mesin CNC. Adapun tujuan penelitian yaitu (1) mengetahui prinsif kerja dari CNC. (2) mengetahui komponen-komponen yang terdapat pada CNC. (3) mengetahui cara perawatan mesin CNC. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data diantaranya observasi kelapangan, wawancara, dokumentasi serta studi kepustakaan. Teknik analisis data dengan menggunakan deskriptif. Adapun hasil penelitian yang ditemukan adalah. Dengan adanya mesin CNC proses pembuatan produksi lebih cepat dan ukuran yang dihasilkan sama. CNC di program mengggunakan PLC dimana PLC ini adalah jantungnya dari rangkaian CNC yang berfungsi sebagai control ON atau OFF untuk komponen input dan output, dan PLC juga sebagai control pulsa. Komponen pada CNC yang masing-masing mempunyai fungsi untuk menjalankan mesin running saw dan proses pemotongan kayu sesuai ukuran yang di masukan ke dalam program.

Keywords

Pengoperasian Mesin CNC Running Proses Komputer

Article Details

References

  1. [1] Rindi, A. Prototype Pembuatan CNC Dengan Pemanfaatan Motor Stepper Berbasis Arduino Uno. 2020.
  2. [2] Harrizal, I. Rancang Bangun Sistem Kontrol Mesin CNC Milling 3 AxisMenggunakan Close Loop System. Jom Fteknik. Volume 4 No. 2. 2017.
  3. [3] O. B. R. Strimpel, Computer graphics," in McGraw-Hill Encyclopedia of Science and Technology, 8th ed., Vol. 4. New York: McGraw-Hill, pp. 279-283. 2015.
  4. [4] Fitriani, Y. Perancangan Prototype Mesin CNC (Computer Numerically Controlled)Plotter3Axis2dMenggunakanMikrokontroler ArduinoUno. Journal Of Information System, Informatics and Computing. Volume 3 No. 2. 2019.
  5. [5] Supriadi, Dendin. Rancang Bangun Sistem Pemipil Jagung Otomatis Berbasis PLC. Teknik Otomasi Politeknik Tedc Bandung. Vol. 12. No. 2. 2018.
  6. [6] Jufrizaldi, M. Rancang Bangun Mesin CNC Milling Menggunakan System Kontrol Grbl Untuk Pembuatan Layout Pcb. Jurnal Mesin Sains Terapan Volume 4. No. 1. 2020.
  7. [7] Yanis, M. Analisis Profil Kebulatan Untuk Menentukan Kesalahan Geometrik Pada PembuatanKomponen Menggunakan Mesin Bubut CNC. 2020.
  8. [8] Prianto, E. Proses Permesinan Cnc Dalam Pembelajaran Simulasi CNC. Jurnal Edukasi Elektro. 2017.
  9. [9] Husaini Usman dan Purnomo Setiadi Akbar. Metodologi Penelitian Sosial. (Jakarta: PT Bumi Aksara), hlm. 85 -89. 2019.
  10. [10] Miles,M.B, Huberman, A. M, dan Saldana,J. Qualitative Data Analysis. A Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, UI-Press. 2014.