Main Article Content

Abstract

PT. Telkom Witel Medan yang beralamatkan di Jalan Gaharu Nomor 1 Medan melakukan pendataan valins yang sudah tervalidasi menggunakan excel spreadsheet. Kesulitan dalam pendataan menggunakan excel spreadsheet terjadi ketika data valins yang tervalidasi sangat banyak dalam satu waktu membuat tidak efisien dan efektif dalam melakukan pencarian data dan penginputan data. Hal ini diakibatkan pendataan menggunakan excel spreadsheet memunculkan seluruh data pada tabel dalam satu waktu yang menjadikan baris pada tabel begitu banyak hingga mencapai puluhan sampai ratusan ribu baris yang tidak terkoordinir dengan baik sehingga terjadinya kesulitan dalam melakukan pencarian dan penginputan data. Dari permasalahan diatas ditemukan solusi dengan menggantikan excel spreadsheet dengan sebuah aplikasi untuk mendata valins yang sudah tervalidasi. Aplikasi ini dibuat dengan tampilan yang sederhana dan mudah dipahami sehingga memudahkan dalam melakukan pencarian data dan penginputan data valins. Aplikasi ini berbasis WEB dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP. Selain itu aplikasi ini menggunakan database manajemen sistem MYSQL. Sedangkan untuk tampilan penulis menggunakan CSS.

Keywords

valins telkom aplikasi web validasi

Article Details

References

  1. [1] Anhar, Panduan Menguasai PHP & MySQL Secara Otodidak. Jakarta: Mediakita, 2010.
  2. [2] A. Kadir, Dasar Pemrograman Web Dinamis Menggunakan PHP, Edisi Revisi. Yogyakarta: Penerbit Andi, 2008.
  3. [3] C. A. Pamungkas, Dasar Pemrograman Web dengan PHP. Deepublish, 2017.
  4. [4] A. Kadir, Dasar Pemrograman Web dinamis Menggunakan PHP, Edisi Revisi Kedua. Yogyakarta: Penerbit Andi, 2020.
  5. [5] O. W. Purbo, D. Maryanto, W. Widodo, and S. Hubbany, Buku Pintar Internet : Membangun Server Internet Dengan FreeBSD. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo, 2000.
  6. [6] A. Kadir, From Zero To A Pro : Membuat Aplikasi Web dengan PHP dan Database MySQL. Yogyakarta: Penerbit Andi, 2009.
  7. [7] Y. Sugiarti, Dasar-Dasar Pemrograman Java Netbeans Database, UML, dan Interface. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2018.